Rabu, 04 Oktober 2017

Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Grand Livina | Review Spesifikasi Dan Harga

Spesifikasi Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Grand Livina - Hadirnya MPV (Multi-Purpose Vehicle) di Indonesia yang lebih sering disebut sebagai mobil Keluarga ini memang selalu menarik untuk dibahas, Brand Nissan salah satunya melalui produknya yang dibalut dengan nama Grand Livina. Pertama kali diperkenalkan oleh PT. Nissan Motor Indonesia yang sebagai ATPM atau Agen Tunggal Pemegang Merk di tahun 2007 silam bersama versi hatchback yang diberi nama Nissan Livina X-Gear.

Grand Livina dikeluarkan dengan beberapa varian selama peredarannya, antara lain tipe 1.5 SV, 1.5 XV, 1.8 XV dan 1.8 Ultimate. Facelift atau peningkatan tampilan juga dilakukan dengan begitu baik antara minor facelift maupun major facelift agar semakin menarik perhatian para calon konsumen. Varian yang hadir pada versi facelift masih sama seperti tipe yang sudah sudah sebelumnya, namun meskipun demikian masih terdapat penambahan seperti adanya tipe HWS CVT dan tipe HWS CVT Autech yang semuanya itu menggunakan 1.5 liter.

Pada kesempatan kali ini, tidak dijelaskan serinci mungkin untuk minor facelift melainkan yang akan dibahas ada major facelift meliputi exterior, interior, fitur fitur penunjang, dan juga sektor mesin pada tahun 2013. Nisan Grand Livina ini terbukti menjadi para pesaing dari Daihatsu Xenia, Proton Exora, Chevrolet Spin, Mazda VX-1, Suzuki Ertiga dan juga Toyota Avansa di pasar lokal. Mungkin juga hadirnya Toyota New Avanza, Honda Mobilio serta Daihatsu New Xenia adalah dampkak dari diadakannya Fecelift.

Review Eksterior Nissan Grand Livina

Bisa dilihat dari tubuh luarnya, Grand Livina mempunyai desain yang begitu manis dengan body panjang tipis dan ground clearance rendah. Untuk kategori Low MPV dimensi grand livina bisa dibilang cukup profesional, berpenggerak roda depan yang terkenal mempunyai kenyamanan layaknya mobil sedan. Grand Livina ini mengusung headlamp helogen yang berbentuk runcing panjang ke belakang dengan grill panjang dan juga bumper dengan gaya yang cukup elegan. Grand livina pada sektor ini mendapatkan jatah minor facelift yang perubahannya hanya ada pada model grill dan bumper saja.
Kelebihan Dan Kekurangan Nizzan Grand Livina

Sedangkan untuk major facelift dilakukan pada tahun 2013. Jika dilihat dari tahun penjualannya, mobil ini selayaknya diganti total dengan hadirnya generasi kedua. Namun meskipun demikian pihak Nissan tetap mengkonfirmasi akan mengganti model keluarga Livina di beberapa tahun yang mendatang, tepatnya pada tahun 2017 atau tahun 2018. Kembali lagi ke topik major facelift, perubahan yang begitu signifikan dilakukan oleh Nissan sangat nampak pada model bumper yang lebih sporty dan bentuk lampu yang lebih runcing ke arah grill.
Kelebihan Dan Kekurangan Nizzan Grand Livina

Sedangkan di bagian belakang, sebelum facelift, grand livina versi lawas mengusung stoplamp layaknya model stoplamp yang diterapkan pada VW Golf Mk.4, yang memanjang ke bawah. Bersamaan dengan adanya defoger dan wiper pada kaca belakang.
Kelebihan Dan Kekurangan Nizzan Grand Livina

Sedangkan untuk buritan belakang, terdapat penyegaran khusunya di area stoplamp pada Grand Livina facelift. Percaya atau tidak, lagi lagi model stoplamp yang diusung grand livina hampir menyerupai VW Golf, tepatnya Mk.7. Tidak lagi memanjang ke bawah melainkan model stoplmap ini memanjang ke samping berbentuk trapesiun yang terbalik dengan ujung runcing.
Kelebihan Dan Kekurangan Nizzan Grand Livina

Review Interior Nissan Grand Livina

Untuk interior, masuk pada area kabin grand livina menyuguhkan penampakan interior premium yang berkualitas tidak seperti Low MPV yang mungkin terkesan lebih murahan. Untuk susunan tombol console pada dashboard bisa dioperasikan dengan mudah karena gampang dibaca dan jaraknya pun tidak begitu jauh dari pandangan pengemudi, dengan kata lain bisa dibilang kontrol dalam nissan grand livina sangat driver oriented. Pada interior grand livina lawas atau prefacelift, skema warnanya adalah hitam dengan aksen warna silver di sekeliling tombol konsol dan area stir. Sama persis dengan Nissan X-Trail T31, setir yang digunakan adalah model 3 spoke.
Kelebihan Dan Kekurangan Nizzan Grand Livina

Ada sedikit perbedaan meliputi skema warna pada model facelift yang menerapkan skema two tone. Selain itu meskipun masih menganut model 3 spoke, roda setir tetap sedikit ada perubahan. Pada model ini pun setirnya ketika digenggam terasa lebih nyaman.
Kelebihan Dan Kekurangan Nizzan Grand Livina

Ruang kabin pada Grand livina, secara keseluruhan mampu menampung hingga 7 orang. Khususnya pada bagian belakang hanya bisa di isi oleh anak anak karena ruangnya tergolong begitu sempit. Demikian begitu fleksibilitas interior merupakan salah satu pin yang plus bagi Grand Livina, karena kursi pada baris kedua dan juga ketiga bisa dilipat dengan rasio 60:40.Dengan adanya mekanisme pelipatan kursi seperti ini, tentu saja kapasitas muatan bisa bertambah hingga dapat memuat barang bawaan yang lumayan besar.

Kinerja Dan Performa Mesin Nissan Grand Livina

Pada versi lawas, Grand Livina hadir dengan dua pilihan mesin dengan masing masing kapasitas yang tentu saja berbeda. Pada mesin pertama berkode HR15DE berkapasitas 1.5 liter berkonfigurasi 4 silinder segaris 16 katup DOHC plus teknologi pengaturan katup Continuous Variable Valve Timing Control (CVTC). Tenaga yang maksimum berada pada angka 107 HP di putaran 6.000 RPM dengan torsi puncak 148 Nm pada 4.400 RPM. Sedangkan besaran angka dan torsi masih sama saja pada versi facelift, hanya saja telah menganut TWIN VTC (Variable Valve Timing Control), sama halnya dengan Dual VVT-i yang sudah banyak digunakan di berbagai produk Toyota, yang diklaim hemat bahan bakar.
Kelebihan Dan Kekurangan Nizzan Grand Livina

Selanjutnya untuk mesin dengan kapasitas besar yaitu 1.8 liter dengan kode MR18DE. Mesin MR18DE ini hanya hadir di versi lawas Grand Livina saja, dengan kata lain mesin ini tidak lagi di temui atau dijadikan pilihan lain pada versi facelift. Tenaga yang besar, 126 HP di 5.200 RPM dengan torsi puncak 174 Nm pada 4.800 RPM. Sama dengan mesin HR15DE versi lawas untuk pengaturan katup variabel.
Kelebihan Dan Kekurangan Nizzan Grand Livina

Impresi Dan Handling Nissan Grand Livina

Grand Livina yang merupakan pesaing berat dari Toyota Avanza ini mempunyai kenyamanan tersendiri yang hampir menyerupai sedan, ini karena penggunaan suspensi McPherson Strut plus stabilizer di depan dan Torsion Beam plus Stabilizer di bagian belakang. Bisa dibilang suspensi ini tergolong empuk, dan tentu saja perjalanan bersama keluarga atau dengan rekan rekan pun terasa nyaman dan juga menyenangkan. Jalanan aspal yang kasar dan bergelombang pun tidak menjadi masalah ataupun hambatan, sebuah guncangan kecil hingga yang lumayan bisa diatasi dan diredam maksimal oleh suspensi Grand Livina. Karena suspensi Grand Livina sendiri dilengkapi dengan perangkat ripple control di bagian shock absorbernya. Di samping itu, bobot dari body yang bisa dibilang ringan dan ceper menjadikan handling dari mobil ini mudah dikendalikan tanpa adanya gejala body roll.

Spesifikasi Nissan Grand Livina

  • Mesin : HR15DE 1.5 liter DOHC dan MR18DE 1.8 liter DOHC.
  • Konfigurasi : 4 Silinder segaris 15 Katup.
  • Tenaga : 107 HP @6.000 RPM untuk HR15DE dan 126 HP @5.200 RPM untuk MR18DE.
  • Torsi : 148 Nm @4.400 RPM untuk mesin HR158DE dan 174 Nm @4.800 RPM untuk mesin MR18DE.
  • Bore x Stroke : 78 mm * 78.4 mm mesin HR15DE dan 84 mm * 81.1 mm mesin MR15DE.
  • Konsumsi BBM : 9 sampai 12 km perliter dalam kota, dan 14 sampai 16 km perliter luar kota.
  • Transmisi : manual 6 percepatan dan untuk matic 4 percepatan.
  • Suspensi : McPherson untuk bagian depan dan Torsion Beam untuk bagian belakang.
  • Rival : Daihatsu Xenia, Proton Exora, Suzuki Ertiga, Toyota New Avanza, Honda Mobilio, Chevrolet Spin serta Mazda VX-1
  • Tahun Penjualan : 2007 sampai 2012 untuk Prefacelift dan 2013 hingga sekarang untuk facelift.

Harga Nissan Grand Livina

Tentu saja dari tahun produksi yang beredar, membeda bedakan dari harga grand livina, berikut ini adalah daftar harga nissan grand livina berdasarkan patokan standart, kondisi dan tanpa aksesoris tambahan.
  • Tahun 2007 : 95 juta.
  • Tahun 2008 : 106 juta.
  • Tahun 2009 : 115 juta.
  • Tahun 2010 : 121 juta.
  • Tahun 2011 : 129 juta.
  • Tahun 2012 : 135 juta.
  • Tahun 2013 : 146 juta.
  • Tahun 2014 : 155 juta.
  • Tahun 2015 : 175 juta.
  • Tahun 2016 : 192 juta.
Dari berbagai review dan ulasan di atas, maka disini Mr Gir bisa memberikan kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan Nissan Grand Livina.

Kelebihan Nissan Grand Livina.

  • Konsumsi BBM yang terbilang Irit.
  • Handling yang begitu mantap.
  • Kualitas material interior yang meyakinkan.
  • Minim gejala body rool atau limbung.
  • Perpindahan transmisi yang terasa lembut dan renyah.
  • Transmisi manual dengan 6 percepatan.
  • Empuknya pada bantingan suspensi.
  • Akselerasi yang terbilang cukup baik.
  • Kabin yang nyaman meskipun ukurannya mungil.
  • Lapisan body yang tebal.

Kekurangan Nisan Grand Livina

  • Ground clearance yang cukup merepotkan karena terlalu renda, apalagi ketika diisi dengan beban berat.
  • Minim bbm yang digunakan adalah pertamax. Meskipun bisa menggunakan premium akan tetapi bakal mengalami knocking atau gejala ngelitik.
  • Tidak adanya varian diesel yang bisa ditemui pada Chevrolet Spin.
  • Peredaman untuk kabin bisa dibilang belum begitu maksimal.
  • Engine Brake yang kurang bagus.
  • Bonnet tidak nampak.
  • Sempitnya kabin baris ketiga.
Nah itulah mengenai ulasan review dan spesifikasi Nissan Grand Livina, pastinya sekarang anda sudah mempunyai pertimbangan tersendiri. Jika anda ingin memiliki mobil ini pastikan sesuai dengan budget, sesuai dengan daftar harga nissan grand livina yang sudah tercantum di atas. Untuk lebih jelasnya, diharap memahami baik baik tentang kelebihan dan kekurangan grand livina yang sudah ada pada paragraf di atas. Baca juga artikel lainnya,
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Grand Livina | Review Spesifikasi Dan Harga

0 komentar:

Posting Komentar