Rabu, 04 Oktober 2017

Kelebihan Dan Kekurangan Opel Blazer | Ulasan Spesifikasi Dan Harga


Spesifikasi Dan Harga Opel Blazer - Di negara Amerika, ataupun untuk orang-orang yang sudah menghabiskan banyak waktunya di Amerika Serikat, mengenal blazer sebagai nama dari sebuah SUV yang khas amerika. Yang menarik dari mobil ini ketika pertama kali memasuki pasar indonesia, dibalut atau diperkenalkan dengan sebutan Opel Blazer, sementara itu opel sendiri lebih dikenal banyak orang sebagai mobil Eropa. Ya, tentu saja mobil ini bisa dikatakan sebagai satu satunya mobil yang dihasilkan dari kolaborasi dari tiga pabrikan yang mantap. Lisensinya sendiri berdasarkan Opel, desain dan juga produksinya diambil oleh Chevrolet dan pada rancangan mesin den spesifikasi yang dikhususkan untuk indonesia dipegang oleh Holden.
Kelebihan Dan Kekurangan Opel Blazer

Demikian begitu, tidak ada perbedaan yang mendasar baik menggunakan nama Chevrolet dan Opel. Dikarenakan merk lainya seperti Cadilac, Hummer, Pontiac, Buick dan GMC, semuanya itu bergabung pada sebuah perusahaan induk yang berpusat di General Motors Corporation di Amerika. Hadirnya mobil Opel Blazer di Indonesia sangat terealisasi berkat GMI (General Motors Indonesia) yang telah berhasil menjadikan nama dari opel blazer atau chevrolet blazer sebagai mobil yang tangguh dari Amerika.

Karena desainya yang begitu atraktif khas amerika dan mengusung mesin dengan kapasitas besar yang menggunakan konfigurasi V6 Vortec, membuat mobil ini cukup terkenal di luar negeri. Tenaga mesin yang di rancang oleh chevrolet ini bisa dibilang juga di atas rata-rata. Pada masa-masa kejayaanya, mobil opel blazer ini dijadikan sebagai mobil yang digunakan untuk operasional tim khusus penyelidikan di Amerika, FBI. Penjualan dan pemasaran di beberapa bagian benua, mobil ini menggunakan nama yang berbeda beda, seperti di Asia dengan nama Opel Brazel, di Eropa dengan nama Chverolet dan di Amerika dengan nama GMC Jimmy.

Ulasan Spesifikasi Interior Opel Blazer

Desain interior dalam kabin, anda bisa melihat nuansa interior SUV yang cukup sederhana. Dengan sebuah dashboard yang minim tombol di bagian koncol tengah. Dan pada bagian atas terdapat sepasang pengarah angin AC. Dan untuk mengatur AC pada opel blazer hanya bisa dilakukan melalui satu knob putar. Yang unik disini, ada konsol di sebelah kenan pengemudi untuk mengatur saklar dan menyalakan lampu utama, sedangkan pada mobil umumnya menggunakan dan menerapkan model tuas. Untuk mengatur sein pada mobil, pengguna bisa gunakan tuas yang ada di sebelah kiri. Bagi pengemudi yang belum terbiasa, mungkin akan mengalami kesulitan atau juga sedikit bingung, karena tuas biasanya difungsikan sebagai tuas wiper. Untuk klaster instrument, terdapat speedometer dan tachnometer full analog yang di hadapkan pengemudi. Dan dibagian bawah terdapat odometer yang dikelilingi tripmeter, indikator mesin, penunjuk tekanan oli, besar ampere aki mobil dan indikator bahan bakar.
Kelebihan Dan Kekurangan Opel Blazer

Kabin Blazer yang terlihat begitu luas dengan penggunaan kursi yang di konsumsi dengan bahan beludru empuk, mampu menciptakan sebuah kenyamanan tersendiri, terlebih lagi bagi siapapun yang duduk di dalamnya. Pengemudi maupun penumpang tidak akan mengeluh mengenai legroom-nya, namun terkecuali untuk headroom. Namun disini sepertinya ada kekurangan Opel Blazer, meskipun kabin yang dimiliki ukuranya luas, akan tetapi headroom atau ruang kepala sangat sempit, mungkin akan terasa jika digunakan untuk melewati jalan yang lubang dengan kecepatan lumayan, akan ada sedikit benturan kepala dengan langit langit.

Ulasan Spesifikasi Eksterior Opel Blazer

Opel Blazer nampak dari luar memang bisa langsung terlihat dengan jelas bawah mobil yang satu ini begitu ramping dan agresif, berkat facia yang dirancang dengan lampu yang bentuknya besar dan terlihat memenuhi body cluster depan. Untuk model facelit yang pertama, lampu memang dirancang ulang  menjadi dua bagian atau baris sedikit berbentuk tipis. Lalu untuk facelit kedua lampu kembali dirancang ulang, nampak seperti model pertama akan tetapi lebih manis dan sedap dipandang mata, maskulin banget. Untuk bagian samping dan belakang memang sama sekali tidak ada perubahan.
Kelebihan Dan Kekurangan Opel Blazer

Ulasan Kinerja Dan Performa Mesin Opel Blazer

Mobil Opel Blazer edisi Indonesia ini mendapatkan spek mesin khusus yang dirancang oleh pabrikan Holden asal australia, seperti yang sudah saya sebutkan di awal tadi. Mesin dari GM Family II mengusung teknologi Double Overhead Camshaft (DOHC) berkapasitas 2.2 liter dan tenaga yang diciptakan sebesar 138 HP di putaran mesin 5.600 RPM dengan torsi maksimal sebesar 195 NM pada 3.400 RPM.
Kelebihan Dan Kekurangan Opel Blazer

Namun masih ada juga pilihan mesin lainnya dengan teknologi Single Overhead Camshaft (SOHC). Kapasitas mesin memang sama, namun besaran yang dihasilkan oleh mesin SOHC hingga saat ini belum diketahui oleh Mr Gir, karena memang terbatasnya sumber dan referensi yang bisa didapatkan.
Kelebihan Dan Kekurangan Opel Blazer

Impresi Dan Handling Opel Blazer

Pertama kali saat dikenalkan pada publik, opel blazer ini dikampanyekan menggunakan brosur yang menggambarkan sebuah Blazer berada diparkiran di atas bebatuan besar, yang seakan akan bagi yang melihat bahwa opel blazer ini memiliki kemampuan 4WD. Akan tetapi ternyata iklan tersebut menyesatkan para konsumen. Ternyata mobil ini bukan dirancang untuk offroad, tentu saja membawanya ke medan yang extrim akan melampaui kemampuannya sendiri.

Dapat dilihat dari faktanya, mobil opel blazer hanya cocok untuk digunakan pada jalanan dan aspal yang mulus, seperti yang sudah saya tulis di atas tadi, bahwa jika melewati jalanan yang berlubang tentu saja kepala pengemudi akan membentur di langit langit headroom. Kelebihanya adalah dibekali dengan interior legroom yang luas, tentu saja anda akan lega dan nyaman merasakan saat melakukan perjalanan yang jauh. Satu lagi yang membuat nyaman adalah kabin yang mumpuni dengan peredaman yang bagus. Kinerja dari suspensinya pun cukup mengesankan, ketika digunakan pada jalanan yang berkerikil atau kasar.

Spesifikasi Opel Blazer Indonesia

  • Mesin (machine) : 2.2 L GM Family II 4 Silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga (Power) : 138 HP @5.600 RPM.
  • Torsi (Torque) : 195 NM di 3.400 RPM.
  • Bore * Stroke : 86 MM * 94.6MM.
  • Konsumsi BBM (bahan Bakar mesin) : 6-7 KM / L dalam kota, 9-10 KM / L luar kota.
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan.
  • Suspensi : Depan dan belakang McPherson Struts Independen.
  • Rival : Land Cruiser VXR 80, Daihatsu Hiline dan Nissan Terrano.
  • Penjualan atau Produksi : 1996 - 2005.

Harga Opel Blazer

Di pasar lokal, kiprah dari SUV Amerika ini memang cukup panjang. Dengan munculnya banyak model dan trim yang sudah ditawarkan, harga pun bervariasi.
  • Tahun 1996 - 1998 dengan model pre-facelit : harga berkisar antara 40 sampai 50 juta.
  • Tahun 1999 - 2002 dengan model facelit pertama : harga sekitar 51 sampai 70 juta.
  • Tahun 2003 - 2005 dengan model facelit kedua, blazer yang terakhir ini harganya sekitar 71 sampai 85 jutaan.

Kelebihan Opel Blazer

  • Desain yang sangat menarik, tangguh, macho dan long lasting.
  • Desain body dan kaki-kaki yang kokoh.
  • Sangat nyaman untuk perjalanan jarak jauh.
  • Interior kabin yang sangat luas dan nyaman.
  • Play baja dua lapis, sehingga body cukup aman terhadap benturan.
  • Ground Clearance tinggi.
  • Tenaga yang kuat untuk medan yang menanjak.
  • Pajak tahunan yang murah.

Kekurangan Opel Blazer

  • Bensin atau penggunaan bahan bakar mesin yang cukup boros.
  • AC yang sering trobel atau rewel.
  • Harga jual yang lumayan anjlok.
  • Mesin juga gampang overhead.
  • Suku cadang yang mahal dan ketersediaan yang cukup terbatas, begitu juga untuk KW pun masih jarang ditemui.
  • Berat sekitar 2.2 ton.
  • Sulit untuk diparkir karena radius putar yang terlalu besar.
Itulah yang bisa saya ulas mengenai kelebihan dan kekurangan Opel Blazer. Bagi anda yang tinggal di dataran tinggi atau lereng lereng perbukitan tentu saja opel blazer adalah pilihan yang tepat dan bijak. Dengan biaya pajak yang murah, namun kelemahanya jangan lupa tentang suku cadang yang sulit. Semoga pembahasan mengenai keunggulan dan kelemahan opel blazer ini membantu para pembaca yang sedang mencari referensi. Jangan lupa baca juga;

0 Komentar Kelebihan Dan Kekurangan Opel Blazer | Ulasan Spesifikasi Dan Harga

Posting Komentar

Back To Top